Menjelajah Indahnya Gunung Bromo Bersama Komunitas MTB 530 Adventure


Salah satu jalur menuju Gunung Bromo adalah jalur Jemplang. Simpang Jemplang atau bernama lain Pos Jemplang merupakan salah satu gerbang menuju Taman Nasional Gunung Bromo Semeru (TNBTS). Kawasan ini cukup vital sebagai penghubung antara kabupaten Malang dengan kawasan taman nasional yang terdiri dari pos pendakian Gunung Semeru, Ranu Pane, dan Gunung Bromo. Kawasan Simpang Jemplang ini berada sekitar 2 km dari kecamatan Ngadas Malang.


Setelah melewati jalur yang penuh tanjakan dan kelokan, tibalah kami Komunitas MTB 530Adventure di Simpang Jemplang. Perjalanan yang cukup mendebarkan. Ya, meskipun jalan menuju Jemplang terbilang mulus, tapi sempitnya jalan dan tanjakan yang ekstrem membuat kami harus menahan nafas ketika mobil yang kami tumpangi mulai terengah-engah mendaki tanjakan.

Sekitar pukul 08.00 kami tiba di Simpang Jemplang. Kabut tipis dan udara yang dingin menyambut kami. Dengan perasaan lega, kami langsung turun dari mobil untuk setting sepeda. Sebagian dari kami ada yang tidak tahan untuk menuntaskan hajatnya ke toilet. Sebagian lagi ada yang sudah tidak tahan untuk selfie-selfie. He..he... Di Simpang Jemplang ini, pemandangan Gunung Bromo sudah menggoda. Gugusan gunung dan hamparan rumput terlihat indah. Jadi, memang sayang kalau dilewatkan. Selfie dulu gaes!


Semua sepeda sudah ready. Dengan dikomando Kapten Agus dan Marshal Wahyudi kami melakukan breafing dan berdoa. Petualangan pun dimulai. Sepeda kami mulai menerobos hutan dan menyusuri jalur trekking. Menerobos semak belukar dan melahap tanjakan. Menyusuri bukit dan lembah hijau nan ngarai.

Selama penjelajahan dengan sepeda gunung,  kami tidak henti-hentinya berdecak kagum dan memuji kebesaran-Nya. Kemegahan Gunung Bromo dan lembah Jemplang begitu mempesona. Bukit teletubies, Padang Savanna dan spot-spot indah lainnya tidak ada yang terlewatkan. Kami juga dimanjakan dengan jalur turunan yang aduhai ! melewati perkebunan yang berderet-deret, kebun kentang, kebun apel, hutan pinus, semuanya sejuk dipandang. Tak henti-henti pula kami turun sejenak dari sepeda untuk mendokumentasikan keindahan tersebut. Photo-photo lagi gaes! Tidak 530Adventure kalau tidak selfie-selfie ! He he..


Setelah puas mengelilingi keindahan Gunung Bromo, penjelajahan kami akhiri di Tutur Welang Bike Park. Di TW Bike Park inilah adrenalin kami dipacu. Turunan yang curam dan licin serta berkelok-kelok harus kami tuntaskan. Jalur downhill yang ekstrem kami libas. He, Itu jalur bagi teman-teman yang sudah profesional. Jalur saya yang fun-fun saja. yaitu “MTB” alias Mari ‘Tuntun’ Bersama. Atau bagi yang masih ragu-ragu, bisa memilih jalur chicken way. Jalur aman dan fun ! 


Bagi anda yang biasa menikmati Gunung Bromo dengan Jeep, maka sekali waktu, nikmati indahnya Gunung Bromo dengan naik sepeda gunung. Sensasinya luar biasa. Asyik dan menantang! Eits, tapi sebelum anda  mencoba jalur ini, alangkah baiknya anda berlatih dulu atau didampingi pemandu. Biar aman. Ya, betul gaes, karena memang ada jalur-jalur yang berbahaya dan ‘eskrim’, kanan dan kiri jalur  ada jurang yang menganga. Harus siap skill dan mental. 


Kalau anda sudah siap, silakan rasakan sensasinya. Pasti bikin ketagihan! 

Sekadar info tambahan gaes, untuk sampai ke Simpang Jemplang, anda bisa melalui rute Malang – Tumpang, Tumpang – Gubugklakah, Gubugklakah – Ngadas, Ngadas – Jemplang, Jemplang – G. Bromo. Ketika sampai di pos Jemplang anda harus membayar tiket masuk sekitar Rp27000/orang. Sedangkan ketika masuk TW Bike park anda akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp15.000/orang.

Oke gaes! Itulah salah satu cara kami menikmati kebesaran Tuhan. Meski harus berlelah-lelah, semua akan terbayarkan dengan sajian indah dari sang Maha Pencipta alam semesta. Oke, sampai ketemu di jalur berikutnya! Salam gowes, tambah jalur tambah dulur!(13/19)


0 Comments