Pantai Pulau Merah yang Bikin Betah.


Eksplorasi wisata di Kabupaten Banyuwangi belum lengkap jika tidak berkunjung ke tempat yang satu ini. Ya, namanya pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Tepatnya Banyuwangi selatan. Sekitar 2-3 jam perjalanan dari Kota Banyuwangi dengan kendaraan roda empat.


Daya tarik dari pantai ini adalah hamparan luas pasir pantai berwarna keemasan. Deretan pohon pandan yang berada di pinggir pantai melengkapi keindahan. Selain itu, bertemunya pegunungan dan pantai menjadikan pantai ini semakin mempesona. Adanya pulau (bukit kecil) di dekat pantai menjadi ciri khas dari pantai ini. Pulau kecil itulah yang disebut dengan pulau merah.


Disebut Pulau Merah karena tanah di pulau tersebut berwarna merah. Jika air laut sedang surut, wisatawan dapat berjalan kaki untuk menuju ke Pulau Merah. Tapi jika air laut pasang, wisatawan dapat menaiki perahu dengan membayar sekitar Rp. 40.000/orang atau cukup menikmati pulau dari pantai sambil menikmati kelapa muda.


Bagi wisatawan yang ingin berjemur di pantai sudah disediakan deretan payung-payung berikut dengan kursi pantainya. Cukup Rp. 20.000/orang. Jika ingin berselancar juga tersedia penyewaan papan selancar.

Fasilitas lain yang ada di pantai Pulau Merah adalah parkir yang luas, tersedia toilet dan musholla, deretan stand oleh-oleh, warung makan, penjaja makanan ringan dan oleh-oleh, penyewaan tikar, jasa foto, dan yang paling banyak penjual es kelapa muda.


Harga makanan dan minuman di sekitar pantai juga relatif wajar. Misalnya kelapa muda dipatok harga Rp. 10.000/buah. Mie ayam/ bakso sekitar Rp. 10.000-15.000/porsi. Untuk harga ke toilet mulai Rp. 3.000-5.000/orang. Sedangkan untuk tiket masuk pantai Pulau Merah Rp. 8.000/orang.

Demikian sekilas informasi dan cerita saya ketika berkunjung ke pantai pulau merah Semoga dapat menambah referensi wisata anda !

0 Comments