Mengintip Komunitas MTB 530 Adventurer Tuban





jejakruang.com - Komunitas sepeda di Kota Tuban terbilang cukup banyak. Di sekitar Tuban kota saja, terhitung hampir lima lebih. Sebut saja Adventurer 530 Tuban, Rockmanz, Blankra’an, TACT, Wiro Sableng, Ronggolawe MTB, dan lain-lain. Munculnya komunitas-komunitas tersebut dilatarbelakangi  karena adanya beberapa kesamaan dalam hal tertentu. Misalnya kesamaan aktivitas kerja, kesamaan jenis sepeda, kesamaan jalur (jalur onroad atau offroad), dan kesamaan-kesamaan lainnya. Dan yang paling jelas adalah sama-sama gemar olahraga sepeda.

 
Kali ini saya akan sedikit mengulas salah satu komunitas sepeda yang punya nama Adventurer 530 Tuban. Seperti apakah komunitas ini? Apa saja aktifitasnya? Mari kita kulik bersama. 

Adventurer 530 Tuban merupakan komunitas sepeda sejuta umat (pinjam kata-kata Pak Tulus Wibowo, salah satu anggota Adventurer 530 Tuban) Karena komunitas ini memiliki anggota yang cukup banyak. Anggotanya tidak hanya dari Kota Tuban tapi juga ada yang dari luar Kota Tuban. Dari berbagai latar belakang profesi dan pekerjaan. Bahkan mewadahi beberapa komunitas sepeda yang lainnya di sekitaran Tuban Kota. Karena kesamaan waktu dan kesamaan jalur (sama-sama menyukai jalur ekstrim), kemunitas ini terus bertambah anggotanya.

Adventurer 530 Tuban  yang secara resmi berdiri tahun 2015 ini dikomandani oleh Agus Mulyanto (Captain Agus), merupakan komunitas yang cikal bakalnya dari komunitas sepeda Transbiker, komunitas sepeda pegawai dan karyawan TPPI Tuban. Seiring berjalannya waktu, komunitas ini berubah nama menjadi Adventurer 530 Tuban. Angka 530 sendiri merupakan  jam berkumpulnya para goweser. Yakni pada pukul 05.30 WIB setiap hari Sabtu, para goweser dan offroader harus berkumpul dan berangkat. Biasanya start perjalanan dimulai dari depan Pujasera GOR Tuban. Kegiatan rutin tersebut mereka namai dengan PROTAP.

Sedangkan untuk rute yang dilalui biasanya menuju jalur-jalur pedesaan dan pegunungan sekitar Tuban. Rute berakhir sekitar pukul 08.30 WIB. Untuk waktu kadang tidak tentu, terkadang sampai pukul 11.00, tergantung jalur yang dilalui. Karena jalur yang sering dilalui adalah jalur pegunungan, maka rata2 sepeda yang digunakan adalah sepeda gunung.

Sesuai namanya Adventurer 530 Tuban , komunitas ini sering mengikuti event gowes adventure ke hampir seluruh kota di Jawa Timur dan sebagian tour ke Jawa Tengah. Bahkan beberapa anggota Adventurer 530 Tuban ada yang mengikuti tour gowes lintas pulau dan lintas negara. Seperti beberapa hari yang lalu, beberapa anggota Adventurer 530 Tuban  ada yang mengikuti event bersepeda lintas Negara Indonesia-Malaysia (27-29 Oktober 2018)

Ternyata selain kegiatan rutin bersepeda, komunitas ini juga gemar menyelenggarakan kegiatan positif lainnya. Seperti baksos, bersih pantai, mengirim bantuan air di desa yang mengalami kekeringan, menjenguk orang sakit, serta kegiatan sosial lainnya. Mereka “guyup-rukun” dalam bersepeda dan juga guyup dalam berkegiatan sosial lainnya. Seperti slogan yang tertulis di jersey mereka “Tambah Jalur Tambah Dulur.” Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh tentang komunitas ini bisa hadir di PROTAP mereka. Selamat ber-gowes ria. Tetap sehat dan bahagia.

1 Comments

  1. Keren tulisannya, pengalaman adventure itu sangat menyenangkan

    ReplyDelete