Widget HTML Atas

Gagahnya Bendungan Serut Blitar

bendungan serut blitar


Gagahnya Bendungan Serut Blitar. Kali ini saya akan mengajak sobat untuk menikmati keindahan Bendungan Serut Blitar. Bendungan yang bisa jadikan destinasi wisata alternatif bagi keluarga anda. Bendungan ini selain sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk wilayah Blitar dan sekitarnya, juga sebagai salah satu tempat rekreasi alternatif di Kabupaten Blitar.

Bendungan yang berada di Desa Gogodeso, Kec. Kanigoro ini memberikan panorama yang luar biasa. Ketika anda masuk di pintu gerbang bendungan, anda akan disuguhi kemegahan dan kekokohan sembilan tiang yang berderet. Tiang-tiang tersebut adalah bagian dari bendungan yang berfungsi membendung aliran sungai Brantas. Deretan tiang itu saling terhubung sehingga menjadi jembatan penghubung antara Desa Gogodeso dan Desa Kuningan

Di sekitar bendungan inilah anda bisa menikmati sensasi gemuruh air yang berusaha menerobos salah satu pintu bendungan yang menahannya. Air itu deras menggelegar menghantam talut, membuncah ke atas yang tingginya hampir lima meter. Sebuah pertunjukkan air yang mempesona.

bendungan serut

Selain pertunjukkan air, di sekitar bendungan berdiri gazebo-gazebo peristirahatan. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang lain sambil berteduh. Seperti padang rumput yang luas, pepohonan yang rindang, dan taman yang indah dan sejuk. Selain sebagai tempat wisata, tempat ini juga sering dimanfaatkan sebagai bumi perkemahan dan kegiatan-kegiatan sekolah lainnya.

Berdasarkan informasi yang saya dapat, bendungan ini dibuat sekitar tahun 1982. Sekitar 36 tahun yang lalu. Nama resminya adalah Bendungan Lodoyo namun masyarakat lebih mengenalnya dengan Bendungan Serut. Taman wisata Bendungan Serut ini dikelola oleh Perum Jasa Tirta. Meskipun sudah berumur 34 tahun, bendungan ini masih berdiri kokoh dan megah. Jika anda pergi ke Blitar, sempatkan untuk mampir di Bendungan Serut Blitar.

No comments for "Gagahnya Bendungan Serut Blitar"